Sabtu, 31 Agustus 2013

Maag dan Pucuk Daun Kecapi

Maag adalah suatu penyakit yang dianggap sepele bagi sebagian orang, tapi jika sudah kronis akan mengalami hal yang tidak terduga.
Banyak produk obat-obatan kimia yang di tawarkan demi penyembuhan penyakit ini. Namun, kata ibu "gue" selagi ada yang alami dan murah meriah (ekonomis), why not?
hehe
"that's right". kalo beli obat di apotik kan mahal.
jadi di sini, saya berniat "sharing" mengenai obat maag mujarab yang di dapat dari pengalaman ibu "gue" sendiri yang pernah mengalami yang namanya penyakit "Maag".
Jadi, tiap telat sedikit aja makan dari waktunya, maka lambungnya sakit melilit minta ampun. Sudah banyak obat2 maag yang di minum, masih aja kambuh. Karna itu hanya meredakan sakitnya, bukan menyembuhkan.
Jadi, ceritanya  ibu "gue" di kasih tau oleh temennya tentang penyembuhan penyakit maag ini dengan mengkonsumsi pucuk daun kecapi ini.

Sekilas tentang daun kecapi;
Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya. Nama-nama lainnya adalah kechapi (Mal.), sentol, santol atau wild mangosteen (Ingg.), santor (Fil.) dan lain-lain. Nama ilmiahnya Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr. 
Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade. (Wikipedia)
Selain buahnya enak, ternyata tanaman ini punya obat mujarab yang ampuh untuh menyembuhkan penyakit yang namanya maag. Kalo kata orang-orang, ini penyakit nya mahasiswa.
Ya, mungkin karena sibuk sama kuliahnya jadi lupa makan.. hehe

Ok, lanjut pada tata cara pengolahan pengobatan tanaman yaitu:
Pertama; kita ambil pucuk daun kecapi yang warnanya merah tua bercampur hijau.. Yang jelas yang muda ya,, oh iya.. agak di perhatikan sedikit tentang rasanya. Kalian mesti tahan rasa pahit agak kelat.. Karena rasa daunnya seperti itu, tapi kan yang nama nya obat nggak ada yang enak, ya nggak.. Itu sih kata ibu "gue" lagi, sebagai konsumen obat ini.
Selanjutnya, abis diambil jangan lupa di cuci bersih.
Metode pengkonsumsian bisa di lakukan berbagai cara. Bisa direbus, di lalap, ataupun di peras.
Kalo ibu "gue" sih mengkonsumsinya dengan di peras. Caranya: Daunnya di masukkan ke dalam cangkir. Ambil air minum yang adem, terus daun tadi di remas-remas dalam airnya sampai hancur hingga air berwarna seperti daun. Lalu airnya disaring dan di minum. 
Komposisinya: 
Air 1/2 gelas
Pucuk daun kecapi setangkai, sekitar 3 lembar.

Waktu minum sebaiknya 1 jam setelah makan, atau kalo di lalap makan bersama nasi.

Alhamdulillah maag ibu "gue" sampai sekarang tidak kamuh-kambuh lagi..

Ok saya pikir segitu dulu ya, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: