Selasa, 30 Oktober 2012

Keampuhan Si daun NangKa Kuning




Kejadian ini aq alami saat kelas 5 MI(Madrasah Ibtidaiyah/ SD). Maklum pernah jadi anak pondok, hehe. Saat itu, kondisi badanku menurun drastis yang menyebabkan aq menderita penyakit yang namanya penyakit kuning. Awalnya, Ummi(Sebutan untuk pengasuh anak-anak di pondok) mengira kalau aq mengidap sakit biasa. namun, setiap hari kondisi ku kian menurun, gejala pertama badan panas, warna kencing kuning pekat , dan dada terasa sesak. Melihat kondisiku kian tak ada perubahan, maka ummi membawa ku ke puskes terdekat. Diagnosa pertama yang aq dapatkan dari dokter yaitu gejala tifus, dan aq di beri obat-obat untuk penangkal tifus.. *hiks penangkal petir kali
Setelah 1 minggu berlalu masih belum ada perubahan, badan ku masih lemas tapi sebagai aq tak mau hanya berdiam diasrama sedangkan teman2 ku berangkat ke skolah. Jadi aq memaksakan untuk sekolah, walaupun ummi mengkhawatirkan kondisi ku.
Ketika di sekolah, salah satu teman ku memperhatikanku dan berkata;
"muth, kok mata mu kuning nian. Juga kuku mu.. kmu sakit yo?"
temanku yg lain jg menimpali pernyataan temanku tadi; "iyo muth, klo sakit balek be".
aq jg terkejut setelah mendapati kebenaran dari pernyataan kedua temanku tadi, setelahnya aku pun di antar pulang kerumah.
Setelah di periksakan lagi, ternyata aq terkena penyakit kuning bukan tifus. Gejalanya memang beda tipis dengan tifus. Akupun diantarkan kembali ke rumah. 

   Badan ku pertambah kuning seperti di lumuri kunyit.. haha.. Pada saat di periksakan di bidan daerah indralaya, bidan itu menyarankan untuk diberikan obat berupa daun nangka kuning dan kebetulan bidan tersebut ada tanamannya. tapi sayangnya daunnya hanya sedikit. Namun, pada akhirnya daun tersebut di jodohkan bertemu denganku untuk menyembuhkan penyakitku. hehe..

  Di perlukan 7 lembar daun untuk minuman pertama, 5 lembar minuman kedua, dan terakhir sebagai pemulihan kondisi badan adalah 3 lembar daun. Daun itu di tumbuk dan di beri air sedikir sekitar 5 sendok, lalu di peras dan di minum. But, saran saya, jikalau mau melakukan perobatan pada pagi hari sebelum makan ya, sebabnya klo minum obat tsb sesudah makan di jamin seluruh makanan yg di makan tadi akan kluar lagi.. hehee
oh y, jangan lupa minum yang manis ya, seperti minum madu, karna itu sangat bagus untuk mengembalikan stamina tubuh.
Hampir satu bulan aq menderita penyakit ini, dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh total.


Catatan: Tanaman ini merambat seperti sirih, warna daun hijau kekuning-kuningan, seringkali orang salah mempersepsikan daun nangka kuning dengan daun pohon nangka yang berwarna kuning.

13 komentar:

ika mengatakan...

mbak kalo boleh tau dapat daun nangka kuningnya dimana yaa??
saya butuh juga ni mbak...makasih byk

Unknown mengatakan...

di tmpat saya ada kok mb,, dateng aja ke daerah indralaya..

Unknown mengatakan...

Saya gak tau harus manggil apa ya..., tapi biar enak Panggil Mba aja...,
Saya baru saja keluar dari rumah sakit akibat kecelakaan kerja..., tetapi pada saat pengobatan dokter di alihkan melalui oral/ lewat mulut, ulu hati saya terasa sangat sakit..., diduga kelebihan dosis obat2an infus setelah operasi, setelah konsultasi dengan Adik ku yang Perawat, menyarankan untuk mengkonsumsi Daun Nangka Kuning, tetapi dimana sy harus cari DNK ini....?? atas bantuan dan informasinya Mbak.

Unknown mengatakan...

maaf komentarnya bru di bls:
hem,, yg sya tau tanaman ini tanaman hutan,, di dtrn2 tggi,,tpi skrg sdh ad jg yg nanam di pkrangan rmh, klo tmpt mas ada org yg ahli di bidang obat2 tradisional, coba knjungi.. mgkin dia ada tnaman itu,, krn klo di sini pertama ibu sy mndapatkannya dri bidan ditmpat sy berobat prtama kali..

Timo mengatakan...

Assalamualaikum yuk muth...
Ayuk Layo nyo dmn?tmpat bidan nyo tuh dmn? Kl b q pck minta DNK tuh bbrpo lembar. Q dTg. Rajo

Timo mengatakan...

Assalamualaikum yuk muth...
Ayuk di Layo tuh dmn? tmpat bidan itu dmn? Kl b q pck berasan DNK tu
Kl q di Tg.Rajo

Aria mengatakan...

Mbak,indralayanya dimana mbak?ada gak nomor yg bisa dihubungi mbak,saya pengen jg buat dikasihke wak saya yg di jawa mbak,..siapa tahu cocok jg dan bisa sembuh,...saya di sekip mbak,mohon infonya ya mbak,..makasih mbak

Unknown mengatakan...

untuk timo:
waalaikumslam..
sy di indralaya utara, tepatny di lorok, datang aja klo mmg perlu, ada jg wrga di sini yg nanam tnmn ni,
klo bidan yg ngsih tau itu namany bidan sulastri, tmpatny di permata hitam dekat pagi sore, polres OI..

Unknown mengatakan...

untuk widy anto:
kalo boleh tau waknya sakit apa?
klo saran mbak periksa dlu ke dkter, biar pasti sakitny ap n liat jg gejala yang timbul. klo positif terkena pnyakit ini, bisa hub. kenmr 081367716501..
itu nmr kluarga sy yg bisa di hub. trims smg dapat mmbantu,,

Unknown mengatakan...

daubb



daunnyaya merambat seperti cincau rambat berbulu halus . untuk masuk angin dengan kepala muter 2 minum 3 lembar rebus dg1 gls air sisa setengan gelas minim

Unknown mengatakan...

Yg mau daun nangko kuning datang beh ke lorong merdeka d dkat jembatan ampera. . .pak rtnya nanam daun nk dlu q brobt dpt daun nk nya dcitu bnyk bgt.

Unknown mengatakan...

mutik.,,dimano tik.,aq dari lingau nyari daunnyo untuk diteliti kandungannyo..perlu agak bnyak karno ndak di ekstrak...

Unknown mengatakan...

dimano tik.,,aq perlu bibit nyo untuk ditanam ndak diteliti secara ilmiah nangko kuning tu